• SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Peringati Hari Bapak Pramuka, Gubernur Ajak Teladani Sifat Sri Sultan HB IX

Yogyakarta (11/04/2021) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak masyarakat meneladani sifat Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Semangat kerelawanan pramuka yang diajarkan Bapak Pramuka Indonesia yang juga merupakan ayahandanya, lanjut Sri Sultan, harus dibuktikan dan dibaktikan. Terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Seperti salah satu cerminan jati diri Pramuka yaitu menjadi penyelamat di tengah bahaya,” ujar Sri Sultan dalam sambutannya pada peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia, Minggu (11/04).

Ia menambahkan sejarah Pramuka berhubungan erat dengan sosok Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional pertama dan berlanjut selama empat periode hingga 1974. 

Sri Sultan menceritakan saat sang ayah meminta untuk memilih mukti atau mulya, dirinya memilih mukti. Menurutnya meski nanti tidak kaya, pikiran dan tenaga tetap dapat berguna bagi masyarakat terutama DIY dan Indonesia.

“Saya diminta berjanji lima hal pada beliau,” imbuhnya.

Kelima janji yang dituangkan dalam Pidato Jumenengan pada 7 Maret 1989 antara lain untuk lebih banyak memberi daripada menerima, untuk tidak memiliki prasangka, perasaan iri dan dengki serta tetap merengkuh orang lain, untuk tidak melanggar paugeran negara, untuk lebih berani mengatakan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah.

“Terakhir, tidak memiliki ambisi apapun kecuali hanya demi menyejahterakan rakyat,” tegasnya.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah Kwarda DIY ini menambahkan Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah pribadi yang unik, spontan dan memiliki wawasan jauh ke depan. Jika dulu, ayahandanya bersama Sri Paku Alam VII tidak menyatu ke Republik Indonesia, bisa jadi tidak akan ada Daerah Istimewa.

Ruh keistimewaan yang disampaikan ayahandanya yaitu jiwa mardika, sifat prasaja, tulus-ikhlas dalam pengabdian bagi negara dan bangsa diharapkan mampu menggugah inspirasi para penggerak Pramuka. Selain itu, dapat memberi semangat, greget dan harga diri, sengguh untuk Yogyakarta Gumregah. 

“Semoga pikiran dan tindakan Ngarsa Dalem Sinuwun Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang visioner dapat menjadi inspirasi bagi generasi Muda Praja Karana, Calon Pemimpin Bangsa,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Bachtiar dalam sarasehan yang digelar dalam peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia mengatakan pengabdian luar biasa yang diberikan Sri Sultan Hamengku Buwono IX patut dihargai. Sebagai generasi penerus juga harus memahami dan meneladani.

“Atas dasar pengabdian tersebut, maka kita kini memperingati sebagai Hari Bapak Pramuka Indonesia,” pungkasnya. (in)

HUMAS DIY 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMP N 4 Banguntapan Study Tour Ke Pulau Bali

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki objek wisata yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Selain keindahan alamnya, di sana terdapat budaya yang begitu k

04/01/2023 13:23 - Oleh Administrator - Dilihat 775 kali
Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2022/2023 SMP 4 Banguntapan

Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2022/2023 SMP 4 Banguntapan Pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2022/2023 SMP 4 Banguntapan akan dimulai pada tanggal 20 Juni 2022 secara onl

07/06/2021 22:46 - Oleh Administrator - Dilihat 3304 kali
Wujudkan GISA, Pemkab Bantul Launching M-KIA

Guna mewujudkan Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), Pemerintah Kabupaten Bantul launching inovasi layanan M-KIA pada Jum’at (9/4) di Kantor Kapanewon Bantul. M-KIA mer

24/03/2021 06:57 - Oleh Administrator - Dilihat 675 kali